RSS

GBPP dan SAP

29 Nov

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN(GBPP)
DAN SATUAN ACARA PENGAJARAN (SAP)

A. Pengertian
Garis-garis besar program pengajaran (GBPP) adalah program pengajaran yang meliputi satu mata pelajaran untuk diajarkan selama satu semester. Sedangkan Satuan Acara Pengajaran (SAP) adalah pokok pengajaran yang meliputi satu atau beberapa pokok bahasan untuk diajarkan selama satu kali atau beberapa kali pertemuan. Dengan kata lain GBPP dapat juga dikatakan sebagai silabus yang sekarang ini terdapat di sekolah, demikain juga SAP dapat dikatakan sama dengan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). GBPP dan SAP sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar. GBPP memberikan petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus diajarkan, sedangkan SAP memberikan petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan , ruang lingkup materi yang harus diajarkanoleh para pendidik, kegiatan belajar mengajar, media dan evaluasi yang harus digunakan.

B. Pokok Pembahasan
1. Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
Garis-garis besar program pengajaran (GBPP) atau course outline adalah rumusan tujuan dan pokok-pokok isi mata pelajaran. Komponn-komponen GBPP diantaranya;
a) Tujuan instruksional umum (TIU)
Tujuan instruksional umum (TIU) atau istilah lainnya general instructional objective berisi kompetensi-kompetensi umum yang diharapkan dikuasai, didemonstrasikan, atau ditampilkan oleh peserta didik atau peserta latihan setelah menyelesaikan suatu mata pelajaran. Kompetensi itu terdiri dari kata kerja (verb) dan object (object)

1) Perumusan TIU yang tidak operasional
Para ahli mulai membicarakan teknik perumusan tujuan instruksional umum pada awal tahun 1950-an sampai dengan awal tahun 1980-an, dimana kata kerja yang digunakan dalam menuliskan TIU selalu bersifat kabur (fuzzy), tidak jelas, tidak operasional, tidak bersifat perilaku (non behavioral), tidak pasti, tidak tampak (unobservable), dan tidak dapt di ukur (unmeasureable), seperti kata-kata memahami, mengerti,
2) Perumusan TIU yang operasional
Sejak menjelang tahun 1980-an TIU mulai dirumuskan dengan menggunakan kata kerja yang bersifat perilaku, dapat diukur, dan operasional. Penggunaan yang jelas dalam TIU tidak akan menyebabkan menyempitnya lingkup materi yang dicakup,
Contoh kompetensi umum dalam tiga kawasan
No Kompetensi Umum Kawasan
1 Menanalisis masalah lingkungan hidup (dalam mata kuliah kependudukan dan lingkungan hidup Kognitif
2 (melakukan) lompat jauh dengan berbagai gaya (dalam mata kuliah atletik) Psikomotor
3 Melakukan ibadah dengan teratur Afektif

b) Tujuan instruksional khusus (TIK)
Kompetensi khusus merupakan uraian atau jabaran dari kompetensi umum yang terdapat di dalam TIU. Guru sebagai pendidik harus mengetahui apa –apa saja unsure yang terdapat dalam membuat TIK.. Dalam menyusun TIK terdapat empat unsure yang harus ada yaitu; audience (siswa), behavior (kata kerja), degree, dan condition (ABCD). Kompetensi khusus dalam TIK mempiliki jenjang taksonomi yang lebih rendah dari kompetensi yang terdapat di dalam TIU.

c) Topic atau pokok bahasan
Pokok bahasan atau topic merupakan judul yang mencerminkan isis atau materi pelajaran yang konsisiten dengan setiap TIK.

d) Sub pokok bahasan
Sub pokok bbahasan mencerminkan rincian materi kuliah yang konsisten dengan pokok bahasan yang telah di tetapkan.

e) Estimasi waktu yang dibutuhkan pengajar dalam mengajarak materi
Estimasi waktu adalah perkiraan waktu dalam satuan menit yang diperlukan pengajar untuk mengajarkan materi pelajaran artinya untuk menentukan jumlah waktu yang dibutuhkan pengajar dalam mengajarkan seluruh materi mata pelajaran tersebut.

f) Sumber kepustakaan
Sumber kepustakaan adalah buku-buku atau sumber materi yagn digunakan dalam setiap pokok-pokok bahasan atau sub pokok bahasan.

2. Satuan Acara Pengajaran (SAP)
SAP memiliki konponen-komponen yang lebih lengkap dibandingkan dari GBPP. SAP mengandung komponen-komponen kegiatan belajar mengajar, media dan alat pengajaran dan evaluasi. Berikut komponen tambahan SAP
A. Kegiatan Belajar Mengajar
Yaitu tahap – tahap kegiatan yang dilakukan pengajar dan mahasiswa untuk menyelesaikan materi pembelajaran. Yang terdiri dari tahap pendahuluan, penyajian, dan penutup
1. Tahap pendahuluan
Merupakan tahap persiapan atau tahap awal sebelum memasuki penyajian materi yang akan diajarkan. Pada tahap ini pengajar menjelaskan secara singkat (global) tentang materi yang akan diajarkan dalam pertemuan tersebut. Bagian ini biasanya membuthkan waktu 5 sampai 10 menit atau sekitar 5% dari waktu pengajaran. (Atwi Suparman:17 )
2. Tahap penyajian
Merupaka proses belajar mengajar yang utama dalam suatu pengajaran. Mencakup bagian-bagian sebagai berikut:
a. Uraian , baik dalam bentuk verbal amupun non verbal
b. Contoh, yang praktis dan kongkrit dari uraian konsep yang masih bersifat abstrak
c. Latihan
Sebagaian besar (80-90%) dari waktu kegiatan belajar mengajar
3. Penutup
Tahap penutup merupakan tahap akhir suatu pengajaran, yang meliputi 3 kegiatan, yaitu
(1) Pelaksanaan tes hasil belajar, berupa pertanyaan lisan yang di tujukan kepada siswa yang ditunjuk sebagai sampel.
(2) Umpan balik yang berupa informasi atas hasil tes
(3) Tindak lanjut yang berupa petunjuk tentang apa yang harus dilakukan atau dipelajari siswa selanjutnya.

B. Media dan Alat
Media adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan isi pelajaran agar dapat dilihat, dibaca, atau didengar oleh siswa, sedangkan alat pengajaran adalah benda yang digunakan dalam pengajaran sehingga memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar, (yang dapat membawa pesan)

C. KESIMPULAN
1. GBPP merupakan program pengajaran yang meliputi satu mata pelajaran untuk diajarkan selama satu semester.
2. SAP adalah pokok pengajaran yang meliputi satu atau beberapa pokok bahasan untuk diajarkan selama satu kali atau beberapa kali pertemuan.
3. Dengan kata lain GBPP dapat juga dikatakan sebagai silabus yang sekarang ini terdapat di sekolah, demikain juga SAP dapat dikatakan sama dengan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Sumber: Atwi Suparman. Garis-garis besar program pengajaran dan satuan acara pengajran (GBPP & SAP). PAU.PPAI.UT. Jakarta. 2001

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 29, 2011 in Pendidikan yang nyaman ...

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: