RSS

desain interaksi pembelajaran

12 Nov

Siapa Yang Memiliki Dinamika Kelas, Dia Akan Menciptakan Suasana Kelas Yang Menyenangkan Dan Sebaliknya

DESAIN INTERAKSI PEMBELAJRAN (Prof Dr. Mukhtar, M.Pd dan Dr. Iskandar, M.Pd)
Interaksi yang efektif adalah kecerdasan mengkondisikan lingkungan sehingga tidak ada yang merasa sedang kita perintah , dipaksa, ditekan

A. Pendahuluan
Semua guru diharukan dapat mengadakan interaksi dengan baik tanpa seorang ahli seorang ahli (spesialis) kependidikan. Interaksi pembeljaran merupaka suatu proses hubungan dimana dimungkinkan berlangsungnya suasan yang dilakukan oleh sipembelajar dengan menggunakan suatu strategi, metode, media dan sumber-sumber belajar dalam mencapai tujuan, kompetensi dan indicator yang ditetapkan
Persoalan interaksi di dalam kelas banyak guru yang menghadapi kesulitan oleh karena masalah komunikasi ini berlangsung antara orang dewasa dengan orang yang masih harus dewasa. Persolaan interaksi tidak terlepad dari persolaan komunikasi, interaksi siswa dan guru terletak pada komunikasi yang komunikatif, hubungan yang terjadi antara guru dan murid karena dalam menginteraksikan sesuatu, yang dikenal dalam intilah pesan
Secara garis besar (Surakhmad, 1986) menggolongkan interaksi kepada tiga hal :
1. Pengalaman riil, yakni segenap media di dalam dunia kehidupan sehari-hari
2. Pengalam buata, yakni segenap media yang sengaja diciptakan untuk mendekatakn pengertian pada pengalaman riil
3. Pengalaman verbal, dimana bahasa adalah alat utama, baik lisan maupun tertulis
B. Cirri-ciri interaksi pembelajran
Bahsa memeilki sifat tersendiri dan dalam melihat bahasa itu sebagai alat utama dalam interaksi edukatif antara guru dengan murid, perlu kita sadari sifat-sifat tertentu dari alat tersebut. Proses belajar mengajar merupaka proses kegiatan interaksi antara dua unsure manusia yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai subjek pokoknya. Berikut ini cirri-ciri interaksi edukatif
1. Ada tujuan yang ingin dicapai
2. Ada bahan/pesan yang menjadi isi interaksi
3. Ada siswa yang aktif
4. Ada guru yang berperan
5. Ada metode yang relevan
6. Ada situasi yang mendukung dalam proses pembelajaran
7. Ada penilaian terhadap hasil interaksi
Antara komponen ini saling terkait dan tidak bias terpisahkan antara satu dengan yang lainnya
Beikut ini cirri-ciri interaksi di dalam pembelajaran menurut (Suardi dalam Sardiman 1992.15)
1. Interaksi belajar mengajar memiliki tujuab
2. Ada suatu prosedur (jalannya interaksi)
3. Interaksi belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi khusus
4. Ditandai dengan adanya aktivitas siswa
5. Dlam interaksi belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing
6. Dalam interaksi belajar mengajar dibutuhkan disiplin
7. Ada batas waktu

I

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 12, 2011 in Pendidikan yang nyaman ...

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: